Skip to main content

Obrolan singkat di perempatan lampu merah

Jumat malam, waktu pulang kerja, saya melewati perempatan lampu merah yang sedang menyala merah, sebagai tanda berhenti. Banyak anak-anak & remaja sedang asyik menunggu klien, istilahnya sedang menunggu siapa yang mau membayar hasil olah vokal mereka, sambil melakukan obrolan ala anak jalanan.

Banyak macamnya perangkat yang mereka miliki, namun paling banyak adalah sejenis marakas dengan inovasi mereka sendiri, menggunakan botol plastik kosong yang diisi dengan beras. Hampir di setiap lampu merah, pasti ada anak yang menggunakan alat ini. Alat yang berguna dan murah meriah.

Ceritanya, ada seorang anak, sebut saja Asep, yang sedang membuka tutup botolnya dan asyik memainkan isinya. Ada anak lain datang, sebut saja Rudi, lalu dia berkata ke Asep
"Sini, gue stem-in",
sambil menunjuk ke arah botolnya Asep. Asep-pun menyerahkan botol tersebut ke Rudi. Rudi mencoba membunyikan alat inovasi tersebut, trus berkata
"Ini kurang 3 biji nih", lalu berujar kembali
"Eh salah dikurangi 2 biji". Sambil melihat Asep, Rudi berkata
"Gue ambil ya 2 bijinya". Asep-pun mengangguk-anggukan kepala tanda setuju. Setelah diambil biji tersebut dan dicoba.
"Nah udah bener nih suaranya, benerkan..." ucap Rudi.
Dan anak-anak lain yang ikut mendengar-pun tertawa, sambil berucap
"Mana bisa kayak gituan di-stem, ha ha ha".
Cerita itu-pun selesai terdengar saat lampu lalu lintas berubah ke hijau. Saatnya saya melanjutkan perjalanan dan juga kehidupan.

Comments

Popular posts from this blog

karimun ganti alternator 70A

Tanggal 26 november 2011 kemarin terjadi sesuatu hal yang menguras kantong ajaib alias "dompet". gimana tidak, selama perjalanan ke mangga dua, AC mati. setelah benerin AC, malah Aki keok, untung ada bengkel. setelah ganti aki baru, indikator aki masih nyala di kabin driver. karena istri gak mau service atau beli alternator 2nd. akhirnya tanggal 4 desember 2011 kemarin kepasang deh alternator 70 A merk BOSCH pada acara Gathering Karimun Kaskus ke-3.




Systems Analysis and Design with UML (Part 1 Pendahuluan)

Systems Analysis and Design with UML merupakan salah satu buku karangan Alan Dennis, Barbara Haley Wixom dan David Tegarden. buku ini memberikan langkah-langkah bagaimana kita membuat sebuah sistem yang terencana, terukur dan bisa dipertanggungjawabkan.

Sebuah sistem memerlukan perencanaan yang matang untuk mengetahui berapa besar resource yang dibutuhkan, baik waktu, biaya, maupun SDMnya. perencanaan tersebut juga dibutuhkan untuk mengetahui seberapa besar sistem tersebut, complexitasnya, dan apa keinginan user, karena banyak sistem gagal dibuat karena seorang analis mencoba membuat sebuah sistem yang "wah" tanpa mengerti organisasinya, apakah sistem ini memang dibutuhkan oleh bisnis value organisasi tersebut atau tidak.

Hitung Jumlah Kolom di Tabel (SQL)

Hitung Jumlah Kolom di Tabel  / Count the number of columns in Table (SQL)
Biasanya kita malas hitung nih jumlah kolom yang ada pada suatu tabel, saking banyaknya value yang mau di capture. permasalahannya, gimana caranya ya??????
ya dengan hitung manual, yang pasti lebih ngreget waktu hitungnya kalo fieldnya lebih dr 50 kolom.ya pake query aja, kan lebih simple dan gak usah pake' kelupaan.


SELECT COUNT(*) FROM INFORMATION_SCHEMA.[COLUMNS] WHERE TABLE_NAME in ('[nama_tabel]') Database yang digunakan SQL Server.