Skip to main content

Menyiapkan Server Virtual untuk percobaan DNSSEC pada Ubuntu (Bagian-1)

Entah ini judul yang menarik atau tidak, karena sebenarnya memang diperlukan untuk menyimpan catatan latihan saya secara online. Hari ini saya menjadi peserta workshop untuk DNSSEC dari Pandi. Workshop pertemuan Pandi yang ke-11. Ada persyaratan yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan tersebut.

Untuk mengikuti acara DNSSEC ini mohon untuk menyiapkan:
  1. Software Virtualisasi (VirtualBox/VMWare)
  2. Ubuntu Server 18.04 yang sudah diinstall di Software Virtualisasi
  3. SSH Client (Putty / MobaExterm dll)
  4. Koneksi Internet yang memadai
Persyaratan dari no 1-4, ternyata untuk no 1-3 sudah lama tidak saya sentuh lagi. Untuk menyelesaikan hal ini mulailah melakukan pencarian.
Pencarian pertama mengenai Virtual Machine apa yang akan digunakan, apakah VMWare ataukah VirtualBox. Keduanya saya download melalui Filehippo. Saya pilih VirtualBox.
Pencarian kedua mengenai Ubuntu Server 18.04 (Bionic Beaver). saya menemukan di Oxboxes. Disini, kalian bisa mendownload Ubuntu yang dapat digunakan langsung melalui VMWare dan/atau VirtualBox. Ubuntu yang digunakan masih dasar, sehingga ringan untuk dijalankan di Notebook saya.
Btw, Notebook saya, HP Pavilion x360 11-k028tu yang sudah dilakukan upgrade untuk HD menjadi SSD 480GB dan Memory 8GB (Cerita Upgrade di FB).
Konfigurasi yang harus dilakukan untuk VirtualBox yang digunakan, adalah:
  1. Menggunakan konfigurasi jaringan Bridged Adapter yang terhubung dengan wifi.
  2. Interface jaringan enp0s3 merupakan nama yang dihasilkan dari tindakan no 1.
  3. Menurut tecmint.com, kita harus menambahkan konfigurasi interface enp0s3 pada file /etc/netplan/*.yaml. saya menambahkan kode yang berwarna
network:
  version: 2
  ethernets:
    enp0s3:
      dhcp4: yes

Lalu simpan filenya dan terapkan (apply)

$ sudo netplan apply

Cek hasilnya

$ ifconfig -a
  1.  Install service SSH dan telnet agar dapat diakses perangkat lainnya. Namun tak lupa lakukan update dahulu Ubuntu yang dimiliki untuk memperoleh package terakhir.
Update package
$ sudo apt-get update
Install Telnet dan SSH dari howtoforge.com dan blog.tedytirta.info
$ sudo apt-get install telnetd -y
$ sudo apt-get install openssh-server
Lalu install aplikasi DNS server, pada percobaan workshop ini menggunakan Bind. Cara installnya adalah
$ sudo apt-get install bind9
Seperti itulah hal-hal yang perlu dipersiapakan untuk percobaan ini. Pada bagian kedua nantinya akan memperlihatkan hasil percobaannya.

Comments

Popular posts from this blog

karimun ganti alternator 70A

Tanggal 26 november 2011 kemarin terjadi sesuatu hal yang menguras kantong ajaib alias "dompet". gimana tidak, selama perjalanan ke mangga dua, AC mati. setelah benerin AC, malah Aki keok, untung ada bengkel. setelah ganti aki baru, indikator aki masih nyala di kabin driver. karena istri gak mau service atau beli alternator 2nd. akhirnya tanggal 4 desember 2011 kemarin kepasang deh alternator 70 A merk BOSCH pada acara Gathering Karimun Kaskus ke-3.

10 Cara Memilih Makanan Sehat

Siapa sih yang tak mau hidup sehat? Semua orang pasti ingin menjalani kehidupan sehat jasmani dan rohani. Menuju hidup sehat dapat ditempuh dengan banyak cara. Salah satunya lewat pola makan kita. Menurut para ahli, kunci jadi sehat adalah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Singkatnya, kita bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang tak hanya mengandung banyak kalori tapi kaya nutrisi. Berikut 10 tips yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan makanan sehat, tapi juga masih terasa enak di lidah. 1. Konsumsi Makanan Yang Kaya Nutrisi.Dibutuhkan 40 jenis nutrisi untuk membuat tubuh Anda tetap sehat. Dan satu jenis makanan saja tak bisa mencukupi asupan semua jenis ini. Pilihan makanan sehari-hari Anda seharusnya mencakup karbohidrat dan produk padi-padian penuh lainnya,buah-buahan, sayuran, produk susu serta daging, ikan atau makanan yang mengandung protein lainnya. Seberapa banyak makanan yang perlu seharusnya Anda makan tergantung dari kalori yang dibutuhkan tubuh Anda. 2. Ko

FTP Batch Command

kemarin di kantor butuh untuk kirim file otomatis melalui PC ke PC lainnya dengan OS windows 98 di PC sumbernya. solusi paling mudah adalah dengan menggunakan Bacth Commandagar dapat berjalan di windows 98. akhirnya setelah searching sana-sini, ketemu dech solusinya, dengan cara membuat dua file (yang pertama file batch untuk connect ke FTP server, yang kedua file yang isinya command FTP). pertama-tama buatlah sebuah file batch (selahkan buat menggunakan Notepad), dengan nama file "Command_Ftp.bat" yang isinya: REM Perintah ini untuk Upload All file secara otomatis ke FTP server tertentu CLS @echo off :: variables set drive="C:\Log_SendFtp_" SET dateNtime="%date:~10,4%%date:~4,2%%date:~7,2%-%time:~0,2%%time:~3,2%" rem "Fri 03/12/2010---------10:37:26.27" echo "************************************************" >> %drive%(%dateNtime%).txt  date /t >> %drive%(%dateNtime%).txt  time /t >> %drive%(%dateNtime%).txt ech